Tuesday, August 22, 2006

Meraih Kebebasan Finansial

ass.wr.wb.
kita sebagai perawat yang bekerja di luar negri sebagian dari kita tentu tidak berencana selamanya tinggal dan bekerja di luar negri,apa yang harus kita lakukan agar kita bisa meraih kebebasan finansial dan persiapan apa saja yang harus kita lakukan dengan gaji yang kita peroleh saat ini? Investasi apa yang harus kita lakukan? Berapa persen yang harus kita sisihkan untuk investasi dan tabungan?

Menurut buku Anthony Robbins kebebasan finansial adalah suatu kondisi keuangan di mana kita mencapai investasi yang cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan. Tentunya hal ini membutuhkan kerja keras dan cerdas dan harus dilakukan berkesinambungan.

Kebebasan finansial dapat anda capai bila anda disiplin menabung dan melakukan penghematan, lalu tabungan kita diputar agar bisa memberi hasil yang besar dan pada periode tertentu menghasilkan pasivve income sehingga andatidak perlu bekerja lagi. Dengan menabung memang menunda kesenangan di masa sekarang, tetapi hasilnya sangat efektif untuk mencapai tujuan yang lebih besar di masa datang.

Lalu berapa yang anda sisihkan untuk tabungan dan investasi, berikut ini gambarannya. Alokasikan penghasilan Anda dibagi menjadi pos-pos berdasarkan prioritas, pertama adalah cicilan utang (bila ada) yang sebaiknya tidak melebihi dari 30 % dari penghasilan bulanan, kemudian usahakan menyisihkan 10 % dari gaji secara rutin tiap bulannya untuk tabungan. Bila Anda tidak mempunyai hutang, jumlah yang disisihkan bisa diperbesar lagi, misalnya 30 % yang dapat digunakan untuk investasi dan proteksi (asuransi). Dengan demikian 70 % sisanya dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.

Ada beberapa jenis kendaraan untuk investasi, antara lain tabungan, deposito, emas, saham, reksa dana, properti, ataupun unit bisnis. Untuk memilihnya maka perlu dipertimbangkan biaya yang diperlukan, pendapatan yang didapat, profil resiko, apakah Anda takut terhadap resiko kehilangan uang atau tergolong berani, ketrampilan yang diperlukan untuk memilih produk investasi, dan banyaknya waktu keterlibatan Anda untuk melakukan investasi.

Usahakan tidak menaruh semua uang Anda pada satu produk investasi untuk meminimalkan resiko. Karena kondisi Anda sekarang ini masih bekerja, maka saya lebih sarankan agar kira-kira 70% - 80% dari alokasi uang keperluan investasi tadi bisa diinvestasikan ke dalam aset seperti deposito dan reksa dana. Deposito digunakan untuk berjaga-jaga sedangkan reksa dana digunakan untuk mendapatkan pengembangan. Sementara sisanya yang 20% - 30%, bisa mulai digunakan untuk investasi ke dalam usaha dengan cara berpatungan dengan teman atau saudara yang bisa mengelola usahanya.
Reference:Republika online.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home